PINTAR

Orang Pintar yang Berlagak Bodoh


Ada sekelompok orang sedang menuntut kebebasan mereka untuk berpendapat dan berbicara , mereka dikatakan berdemooo , menyuarakan tuntutan mereka bahkan bukan hanya tuntutan mereka tapi tuntutan bagi semua yang ada dilingkungan tersebut . Mereka adalah orang – orang yang berani , menantang dunia untuk perubahan dan melepaskan semua kenyaman yang mereka miliki dan mereka berasal dari bagian orang – orang yang dituntut kritis dan kini mereka menunjukkan bagaimana tuntutan itu terwujudkan .
Mereka berada di barisan terdepan , berdiri melawan anggapan dan sentimen yang berkembang . Saya iri pada semangat mereka , iri pada keberanian mereka untuk memperjuangkan apa yang mereka yakini . Di dunia ini ada begitu banyak keyakinan atau kepentingan tapi hanya segelintir orang yang vocal untuk dengan jelas memperjuangkan apa yang diyakininya . Mereka adalah pemuda – pemudi perkasa , banyak yang memandang aksi mereka adalah aksi negative , brutal , anarki, ditungganggi , di provokasi atau banyak kata – kata lain yang bernada alasan .
Terlepas dari itu semua sadarkah kalian bahwa mereka hanyalah sekumpulan pemuda yang menuntut hak nya , yang menuntut hak teman – temannya , yang sangat peduli pada diri mereka dan pada diri orang – orang disekitar mereka ? Mereka hanyalah orang – orang yang membela dan menuntut apa yang mereka yakini . Kebrutalan yang mereka ciptakan memang tak patut dicontoh , tapi apakah sehina itukah hingga ada kalangan yang mengatakan mereka bodoh .
Kalangan pintar , itulah yang mereka panggil bagi diri mereka . Kalangan pintar itulah yang mereka panggil bagi kegiatan logis yang mereka kerjakan sehingga menghina dan menginjak – injak sikap kritis kawan – kawan kitaaa . Kalangan pintar itulah yang mereka sandangkan pada diri mereka hanya karena mereka mampu memecahkan rumus – rumus kimia dan deretan soal logaritma . Kalangan pintar itulah yang mereka gaung- gaungkan kalaaa mereka menghina teman – teman yang mengkritisi nasib mereka kedepan . Kalangan pintar yang berlagak bodoh , itulah stempel yang pantas disandang bagi mereka yang menghina semangat dan tuntutan agar bebasnya kita dan mereka yang mengaku pintar untuk berpendapat dan bersuara kedepannya .
Apakah  mengejek dan menghina adalah pekerjaan orang – orang pintar ? atau apakah orang pintar diciptakan untuk menginjak dan mecemooh orang – orang bodoh ? bukankah orang – orang pintar hendaknya menganalisis dan mengayomi orang- orang bodoh . Atau mereka orang pintar yang berlagak bodoh atau mereka sebenarnya orang bodoh yang berlagak pintar . Orang bodoh yang bersembunyi dari kebenaran , orang bodoh yang tidakmau tau terhadap apa yang terjadi lalu menghujat dan memang hanya orang bodoh yang melakukan hal itu , hanya orang bodoh yang menghujat tanpa mengetahui alasan .
Tidak , orang pintar bukanlah orang yang mampu memecahkan rumus –rumus terumit kelarutan ,orang pintar bukanlah mereka yang bisa menyelesaikan rangkaian seri ataupun pararel , tapi orang pintar adalah orang bijaksana yang mampu menepatkan dirinya dan tidak menginjak orang –orang lemah karena orang pintar adalah orang berilmu dan beradab . Mereka yang menyuarakan butuh dukungan , bukan hujatan apalagi hinaan dan dipanggil dengan stempel kebodohan . Mereka tidak memaksa ,mereka mengajak ,menghimbau dan jika kalian yang mengganggap diri kalian pintar tidak setuju terhadapnya maka tidaklah pantas jika kalian melayangkan ejekan pada mereka , pada sikap kritis mereka ,pada keberanian mereka yang tidak kalian miliki . Mereka dididik untuk bersuara , untuk kritis , untuk menyuarakan perubahan dan kalian dididik untuk menciptakan , meneliti . Kita sudah punya bahagian masing – masing tapi kenapa kalian malah menghina bagian mereka , bagian yang sedang mereka perjuangkan . Jika kalian tidak setuju , jika kalian tidak trerpanggil, jika kalian merasa kami salah , tidak bisakah sebagai manusia yang baik kalian mengingatkan , mengayomi mengingat kalian mengatasnamanakan diri kalian lebih pintar . Bisakah kalian berhenti menjadi sosok pintar yang berlagak bodoh ?
Coretan diatas hanyalah bentuk dari pertimbangan , hanya kalianlah yang bisa menempatkan diri kalian dimanakah kalian berada . Orang pintar yang benar – benar pintar saya yakini pasti arif dalam bersikap , mereka pasti prihatin pada fenomena yang terjadi ,berusaha mencari tahu dan tentu saja tidak menghujat . Kalian yang pintar dan benar – benar pintar adalah sebaik – baiknya masyarakat yang bisa menciptakan kearifan dan kedamaian , dan kalian lah yang bisa membawa kemana arah kebenaran . Coretan diatas juga tidak dimaksudkan untuk mendukung kalangan tertentu , tapi untuk membuka mata kalangan lain tentang seseungguhnya makna saling menghargai diantara kalangan .




Komentar

Postingan Populer