Rangers dan Angels


Angels dan Rangers 

Apa yang terbesit dipikiran kita setelah membaca kata rangers ? apa masih teringat masa kanak - kanak dulu dengan serial power rangers ? atau apa yang terlintas dipikiran kita saat membaca kata "angels" ? mungkin ada yang berpikir tentang mahluk bercahaya , mahluk anggun atau mungkin model victoria secret . Tapi itu semua salah ,Rangers dan angels yang saya maksud disini adalah mereka para lelaki dan wanita yang tergabung dalam kegiatan social enterpreneur untuk tidak hanya memberdayakan masyarakat desa agar produktif tapi juga ikut serta dalam pelestarian mangrove dan rumput laut .

Sekelompok orang yang terdiri dari para rangers dan angels ini menamai diri mereka dengan Batu Karang sebagai sebuah simbol kekuatan namun memberikan kemanfaatan . Nah , kini saatnya saya ingin menunjukkan bagaimana sepak terjang angels dan rangers batu karang .

nyiWeed 

nyiweed adalah aktivitas mingguan anak batu karang untuk memulai pembudidayaan runput laut , kenapa memilih budidaya rumput laut ? karena kita mau sesuatu yang beda dan belum begitu populer di tanjungpinang dan untuk tempatnya kami memilih dompak yang lebih tepatnya adalah di belakang kampus UMRAH (universitas Maritim Raja Ali Haji ) .

saya yakin banyak mahasiswa umrah belum tentu sering menjamah daerah hutan menuju laut dibelakang umrah tapi yeah we did it , dan perlu diketahui bahwa untuk menuju kebawah sana kita akan menghadapi  tantangan yang cukup menyenangkan diantaranya masih banyak tumbuhan liar , medan yang curam agak seperti jurang *sedikit berbahaya saat hujan , dan terkadang ada anjing penjaga dan anjing liar . Namun saat anda tiba di bawah maka akan ada begitu banyak keindahan yang ditawarkan dimulai dari deretan pohon nangka dan cempedak yang kalau sedang musim berbuah akan menawarkan bau dan pemandangan buah buah hijau yang matang dipohon , ada juga pohon rambutan yang kalau musim berbuah juga merah gak karuan , ada juga pohon kelapa yang kelapanya selalu ada tapi satupun dari kami gak ada yang bisa manjat buat sekedar meminum airnya , ada mangrove dan laluuuuu kita akan disambut oleh deburan ombak yang tentu saja telah dipecah oleh para mangrove yang kokoh dipinggiran .

untuk menanam rumput laut ini kami harus survey tempat , mengecek ph , salinitas dan lain - lain yang bisa dijelaskan oleh angels kami anggi karena ia mahasiwa kelautan dan membuat benda yang  saya juga tidak begitu tahu namanya , namun ia menggunakan jaring dan kayu lalu kami semua merangkainya . Kami para angels dan rangers merangkainya dari minggu satu ke minggu yang lain hingga akhirnya rumput laut pun siap untuk ditanam dan dilepas ke lautan dompak 

para angels saatdetik detik sebelum turun kemedan seaweed 

Nah , sekarang saat dilautan para angels dan rangers tak lupa mengabadikan moment moment indah

di pinngiran , bersiap ketengah

Masih ada lagi nih view yang cakep , rimbunan yg hijau , air laut dan kamiii yang siap ketengah

ranger dan angesl

setelah hari peluncuran jaring dan rumput maka setiap minggu kami mengunjungi rumput laut kamiii , dibersihkan dari lumpur - lumpur dan hewan -hewan juga sampah - sampah












Komentar

Postingan Populer