KKN The E.N.D ( Elation Never Dies )

                                                #FollowingUS Batu Berdaun’s Squad
Kali ini saya mau menulis our squad, komposisi tim yang super duper apik. Tulisan ini mungkin sedikit subjektif karena dibuat dari sudut pandang saya, tapi semoga asik dan efektif menggambarkan karakter kita masing masing yaaa…..
  1. 1 Rachmat Hidayat

Pertama kali gabung di tim kkn Batu berdaun pas liat nama rachmat hidayat dari universitas jambi perasaannya itu langsung kebayang sama temen sekelas yang namanya sama tapi panggilannya djarot, ini rachmat apa segokil temen saya si Djarot yaaaa? Hahah
Pertama kali jumpa si rachmat itu di pra kkn kebangsaan pas kita lagi makan bareng sama tim kkn sambil memperkenalkan diri satu persatu, pas giliran rachmat memperkenalkan diri langsung kecap ini anak klimis banget, sistematis, jarang bicara atau lebih tepatnya bicara seperlunya aja, bajunya putih rapi, celana hitam pokoknya tipe mahasiswa yang klimis dan rapi gitu.
Inget banget pas saya nanyakin jurusan si rachmat soal ekonomi islam, kebiasaan saya banget yang suka kepo dan menyamakan frekuensi. Wah pas ini anak menjabarkan konsep riba dan bank syariah, langsung aja kepikiran  kita sefrekuensi *apaininamanyaukhuwah, ini anak asli cukup fakih dalam membahas ekonomi islam.
Lanjut kehidupan diposko, karena sejak awal kita emang ternyata sefrekuensi tuba lil ghuroba bareng ericko dan joni jadi emang aktivitas kita rada samaan. Alhamdulillah bocah bertiga selalu nyempetin sholat berjamaah dimesjid, goncengan satu motor bertiga.  Biasanya kalo bada subuh pada ngumpul nih, pada matsuratan, tilawah dan begitulah.
Rachmat ini tipe organisatoris yang diplomatis, sering banget pas rapat kita itu kayak berbeda pendapat dan dia always jadi penengah dan bagian dari yang membuat tahapan rapat sistematis dengan catatan dan rangkuman kesimpulan ,setelah usut punya usut ini bocah emag anak organisasi, yaiyalah ketua ukm skala universitas yang udah melalang buana jadi soal problematika rapat begituuan insyaALLAH terselesaikan.
Yang paling diinget sama ini bocah apa ya, oiyaaa ini bocah sering banget berantem sama yucky, gak ada satu detik pun kalo mereka ketemu itu kalo gak debat atau apalah, tapi jadi sepi kalo mereka gak berseteru,lucu ajaaaa. Rachmat juga orang yang paling rajin ke kota, kurir gitu buat dititipin belanjaan bareng reyhan tentunya.
 Anak ini asli ngeselin kalo makan soalnya banyak banget pantangan, gak bisa pedas, makanan laut juga pilih- pilih karena bisa alergi pokoknya pusing deh. Kalo saya masak itu rada pedes bukan pedes kayak masakan joni. Satu momen pas lagi masak ada si rachmat nyamperin ke dapur
“fik,jangan pedes dong “
“ini gak pedes lo mat, coba rasa.”
“pedes ini fik, aduh pedes banget, cobalah masak tuh yang pas , jangan pedes, blala”
“Jon, si rachmat ni banyak kali requestnya, lagi masak gak tenang.” Asli kalap nih
                        “ eh Rachmat ,mulut aja yang bising tapi perut cengeng “
Abis Joni bilang itu rachmat bungkam, joniiiiiii disatu sisi membantu aku disatu sisi sadis. Tapi sebenarnya kasihan juga sama si rcahmat , lebih kasihan lagi kalo hari itu joni yang masak karena masakan joni super pedas. Awalnya saya gak percaya ini bocah , cowo gabisa pedes sampe suatu hari kita sahur bareng *percayalah momen sahur adalah momen menyedihkan dimana aku benar benar terasing berbeda ruangan seakan pembantu dan majikan yang gak satu ruangan , namanya juga tuba lil ghuroba dan Karena adanya mie instan jadi saya minta joni yang masak, super pedes mienyaaaaa. Ericko makan biasa ajaa, joni apalgi , saya santai ajaaa sampe rachmat datang dan mienya masih setengah mangkok .
“fik,untukmu yaaa. Aku gakuat lagi, pedes.”
“lah, jadi sahurnya cuman segitu aja, ntar lemes,”
“gakuat fik , mie joni pedes kali.”
“aku gakuat juga habisin sebanyak ini, kasih koko aja.  Jon, kira kira cabenya kenapa!!!!!.” Asli gue kasih joni tatapan murka, disaat dia tau rachmat itu gak bisa pedes malah dimasakin pedes. Semenjak itu makan sahur saya ambil alih, kalo joni yang masak bisa intoleran. Jadi kalo masak sahur itu kudu pinter pinter, biasanya karena racmat gak makan makanan laut atau pedes jadi dimasakin yang lain semisal kalo kita sahur kepiting rachmat kita rebusin telur trus ada sambel kecap yang manis manis pedes atau masakin perkedel tahu yang pake merica sdikit aja POKOKNYA  jangan biarkan joni masak.
Mau cerita bagian alay nih, kita sebenarnya gak sering berempat tapi kadang nyempetin buat berempat hahah. Semisal , pas jam 4 tan menjelang buka puasa kita yang lemes memutuskan bagaimana kalau menunggu buka puasa di pantai jadi pada ke pantai ngajakin yang lain jugaaa  atau kalo lagi berempat kita bahas organisasi dan pergerakan di kampus masing maisng atau ngebahas fiqih ini itu * bagiansokiyeee . Punya kebutuhan yang sama pas awal awal di posko , kita sering banget bilang “aduh kering”, bagian lucu kalo pas minum salah satu dari kita ada yang berdiri trus langsung ingetin dan mendadak duduk , bagian paling ektrem kalo ngomongin proposal, siapa duluuuu ya diantara kitaaaaa. Who knows ?

  1. 2 Ericko Calvin Giovani

Apasih yang terlintas pas liat nama anak inih ?anak unand fakultas hukum , wah gue langsung kebayang andhika putera sudharman mapres ui yang pinterr dan berwibawa gimana gitu, inih anak asli pasti serem.  Waktu pertama jumpa ericko emang serem ,irit bicara ini anak ngumpulnya bareng anak unand muluk. Pertama kali rapat serumpun asli dia formal banget, gak kalah klimis dari rachmat dan gue sempet aduh bisa boring banget nih main sama ericko.
Tapi suatu hari gue dikenalin sama ericko dan kita sefrekuensi tuba lil ghuroba*apaininamanyaukhuwah. Kokoooooooo patner gueeeh, paling mudah dimasakin. koko karena dia makan segalanya gak peduli manis, pedes , asin yang penting bisa mengatasi kelaperan pokonya gak pernah ribet sama masakan hari senin yang manis, selasa yaitu gue yang masakannya paling waras dan selasa yang super pedes. Ini bocah adalah satu kesatuan piket yang kita namai piket menjerit, soalnya kalo kita udah piket rumah rame soalnya ada ayid *kalian couple tebaik ,pertahankan yaa ayid dan koko . Di dapur khusus yaa kita bertiga , gue ,ledi, yucky.
Jadi bareng ericko yaaa, eh koko ajadeh luar biasa kocak. Sebenarnya bingung kalo nyeritain koko darimana, tapi mari kita mencoba. Setelah persepsi pertama koko itu klimis dan emang dia klimis cuman tingkahnya ajaa yang agamis campur kocak tanpa niat kocak. Masi serius nih setiap rapat, koko itu matanya paling gak tahan buat tidur , dia bisa tidur dimana ajaa dan kapan ajaa saat dia mengantuk tanpa peduli apa itu ada badai sedang menerjang *lebai. Kalo dirumpun , koko itu bos gue jadinya kita sering banget rapat bareng. Hal yang paling ericko takutin itu adalah ketemu pak kades , jaid punya tanggung jawab moral aja karena sama sama sama anak hukum, ahaha  walhasil kalo ada pak kades koko shock dengan wajah orientalisnyaaa itu. Koko paling sering nulis ini itu missal , kalo mau tidur dia nulis dibantalnya dengan kertas kalo itu tempat tidurnya diaaa atau kalau ada makanan, minuman yang disimpen buat buka puasa di kulkas ada warninngnya gitu dan itu pasti punya ericko.
Ericko itu koko yang tiap harinya bawa buku, pena, pake tas Tupperware yang didalemnya juga ada botol air oiya dan juga tabnya. Soal botol air Tupperware everywhere soalnya selalu dibawa kemana mana punya cerita special. Waktu kita pada mau pulang ke pinang , lagi ngumpul seantero anak kkn linnga dipelabuhan jago setelah jeprat jepret sana sini tutup botol Tupperware everywhere koko jatuh kelaut, kebayang gaksih gimana sedihnya diaaa, itu Tupperware everywhere dari emaknya yang udh kayak sodara sendiri,waktuitu diashock cuman bisa mandengin tutup botol yang kebawa arus sampe ayah reyhan yang ayaaaah kami jugaaaaaa liat gak sampehati liat muka koko yg sedih dan memita bantuan nelayan yang make sampan buat ngambil. Fix koko kembali ceria

  •    Johannes johan

Aku seneng banget manggil Johannes dengan papa jo, awalnya sih yucky yang sering manggil begituan tapi jadi ikut ikutan deh. Papa jo ini paling bijak loh , bijak dalam banyak hal, bijak pas rapat, bijak pas bergaul, bijak juga pas lagi masak. Wow betapa beruntungnya aku bisa sekelompok sama cowo cowo jago masak .
      Berkat papa jo, kkn kami bisa dikatakan normal ahahaha. Soalnya gini yaaa, biasaa anak kkn kan identik sama ngejreng suka main music begitu, nah entah kenapa ana kkkn aku itu jauh banget dari kelihaian bermain music ,semua tipikal pengusaha dan anak organisasi dimulai dari ojan, joni,ericko, rachmat,reyhan trus redi sampe robin rada payah main gitar dan bersyukur banget ada jooooo jadi posko gak sepi sepi banget ,jadi kkn ini bukan kkn anak mami, biar sangar dikit.
Jo tau banyak jenis ikan loh, tau banyak hal ,tau bagaimna ini itu, terampil deh pokonya papa jo. Oiyaaa makasih jooo cameranyaa, jadi inget survey dipantai yang ala ala video klip itu.
4.     Joni
Susah banget mau mendeskripsikan ini anak, rada asem – asem manis kalo nyeritain ini bocah. Asem karena hampir dari bangun tidur sampe mau tidur lagi tidak ada waktu yang tersisa selain perdebatan tapi anehnya apa yaaa ini bocah problem solver aku, dari mulai yang paling mau direpotin buat ngangkat tas yang gede, patner masak walaupun tetep aja debat *bisa gak sih ngebanyangin lagi masak dapur rame bukan karena suara alat masak tapi suara perdebatan dan untung ada ledy , yucky dan ayid setidaknya mereka menjadikan perdebatan ini menjadi lebih seru karena semua jadi teriak teriak, patner jajan dari minum susu ultra milk sampe makan ayam penyet plus lakse dan patner tuba lil ghuroba bareng rachmat dan ericko. Terima kasih yang kalo minjem motor ber4 dan rela naik motor cabe cabean bertiga demi prinsip yang kita yakin dan dipertahankan.
Pertama jumpa ini bocah gak ada kepikiran dia ini tuba lil ghuroba, yang terlintas oh my god aku seposko sama bocah seklimis joni , topi kuning pake kaos trus celana kain dengan tampilan klimis yang kalau bicara sitematis ini membuat aku yakin pasti ntr di posko hidupnya banyak aturan. Benar kok banyak aturan, makanya aku debatin mulu. Ericko emang yang paling cepet ngantuk tapi itu lebih kepada lahiriah nah kalo joni “ udah jam sepuluh, kalau gak ada apa apa aku tidur, udah waktunya aku tidur kalo di pekan baru.”huaaaah , trus kalo malem aku kedapur mau ngambil air malah dimarahin disuruh tidur “aku ambil air ya jon, gak ngapa ngapain, aku mempertahankan hidup aku supaya aku gak dehidrasi kelamaan di kamar menjadi tuba lil ghuroba.”
Btw kita punya kesukaan yang sama, dikampus selain si bocah ini anak rohis eh dia juga debater jadi kita “aku, joni, ericko” sering sok sok an bicara dalam bahasa inggris , terkhusus kalau lagi badmood jadi sorry yaa temen temen kalo kami keseringan ngoceh inggris gak jelas kalo di posko tapi efek positifnya si reyhan jadi bisa bahasa inggris, coba tebak gimana ekspresi DPL kita Pak wayu waktu tau reyhan hampir sebulan di posko udh bisa bhs inggris. Surpised……
Keahlian joni yang aku andalkan , dia gak takut sama anjing. Cuman segelintir orang di posko yang gak takut, ayid apalagi *bisa geger sedesa batu berdaun kalo ayid teriak karena anjing mendekat atau untungnya aku sering jalan sama ledy yaaaang tidak takut tapi suatu ketika pas pulang nemenin bukades  keacara pramuka cuman joni yg bisa diarepin, makasih joniiiiii *sambil muntah. Ada momen mengerikan soal anjing, jadi suatu hari kayaknyaada badai gitu , angin kencang, mati lampu di desa pas itu suasananya lagi subuh, suram deh gatau bisa dapetin lilin darimana aku mutusin buat ngunci pintu smenetara 3 bocah si ericko, joni dan rachmat lagisholat subuh di mesjid. Aku masih inget dengan jelas gimana mengerikannya waktu itu , gelap , angin kencang dan suara anjing melolong disana sini sampai adasuara menubruk pintu trus “ fika buka pintu , buka pintunya” merekabertiga lari ngos –ngosan seakan akan abis dikejar zombie , mereka bilang itu kayak film horror di televisi. Biar tenang dzikir pagi yang kenceng yaaaa *kerjaan rachmat atau ngmabil pojok pojokan buat ngejar target harian *berbahagialah kalian yang selalu diilhami untuk fastabiqul khoirot.
KKN kemaren itu miniatur keluarga, gak tiap hari ada tawa kan ? ada masa masa berat yang buat pengen nangis ajaaa, gimana ayid dan joni atau ledy atau yucky apakah langganan curhat session sama pak joni udah selesai belum? Joni paling rajin bersihin kamar mandi, tanpa diminta, maklum ini naluri kesistematisan yang aku syukuri ada pada joni, pertahankan jon.
Aku suka ini jon , waktu ikutan mbok e ,yucky dan dirimu ngajar di paud pas session bahasa inggris yaaaang twinkle twinkle little star membuat bocah bocah paud terpana, lagu itu mendadak hits. Aku juga seneng anak anak disana belajar bhasa inggris , anak anak yang tiap malem ke posko berhubung kalian lagi isya di mesjid jadi aku handle bentar setelah itu biar mastah joni yang ambil alih. Bagi aku sih belajar bahasa inggris cuman passion yang ingin digeluti tapi dengan adanya perkembangan zaman , afta dll membuat bahasa inggris jadi sesuatu yang penting dan dibutuhkan.
Cerita Joni masih bersambung……..

Komentar

Postingan Populer